Featured Posts

10 Manfaat & Bahaya Mengkonsumsi Buah Semangka Untuk Kesehatan

Baca Juga


Buah Semngka, Siapa nih yang gak suka buah semangka? Nah lho kenapa ngga suka tuh? Buah Semang adalah buah yang cukup digemari oleh banyak orang dari kalangan anak-anak sampai kalangan manula karena rasanya yang manis. Buah Semangka biasanya hidup di daerah yang bersuhu dingin atau daerah pegunungan. Akan tetapi, Siapa sangka bahwa buah semangka ini memiliki khasiat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi dengan takaran yang benar.

Manfaat Buah Semangka

1. Anti Penuaan Dini

Buah semangka mengandung nutrisi kompleks seperti likopen, vitamin A, vitamin C dan potassium yang bisa menangkal radikal bebas dari paparan lingkungan yang menyerang kulit Anda. Diantaranya adalah paparan sinar UV matahari, polusi, asap kendaraan, dan lain sebagainya. Paparan-paparan tersebut menimbulkan berbagai masalah pada kulit seperti garis-garis halus, flek hitam, jerawat dan penuaan dini. Zat antioksidan pada semangka akan membantu tubuh untuk melepaskan timbunan radikal bebas yang ada di tubuh sehingga kulit Anda menjadi lebih sehat dan cerah.

2. Menjaga Kelembapan Kulit

Bila Anda memiliki masalah kulit kering dan bersisik, semanga adalah buah terbaik yang bisa membantu mengatasi masalah Anda. Buah semangka mengandung kadar air yang melimpah sehingga dapat memberi kelembapan ekstra pada kulit. Mengkonsumsi buah semangka juga bisa menjaga tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Untuk memaksimalkan manfaat semangka bagi kecantikan dan kesehatan kulit Anda, selain dikonsumsi secara langsung, Anda bisa memakai semangka sebagai masker alami untuk memberi hasil yang lebih maksimal bagi kelembapan kulit. Gunakan masker buah semangka seminggu dua kali untuk memperoleh hasil yang diinginkan.

3. Menjaga Kesehatan Ginjal

Buah semangka, selain mengandung vitamin kompleks yang dibutuhkan tubuh, juga mengandung kalium yang sangat berperan penting dalam membantu fungsi kerja ginjal.  Kalium yang terkandung pada semangka ini akan membersihkan zat-zat racun yang mengendap di ginjal dan melancarkan proses ekskresi serta mengurangi kadar asam urat yang bisa memicu terbentuknya batu ginjal. Konsumsi buah semangka secara rutin juga akan membuat proses pembuangan racun dan zat sisa makanan dalam tubuh berjalan dengan lebih maksimal sehingga tubuh akan terasa lebih bugar, ringan, dan sehat.

4. Menangkal Kanker

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, semangka memiliki kandungan vitamin C dan lycopene yang tinggi. Kedua macam zat ini sangat berperan penting dalam melindungi tubuh dari serangkan berbagai macam radikal bebas yang menyebabkan penyakit kanker. Selain itu, manfaat semangka untuk menangkal kanker juga didapat dari senyawa antioksidan didalamnya yang berjumlah sangat tinggi serta baik untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dan penyakit ganas lainnya.

5. Memelihara Kesehatan Tulang & Jantung

Di dalam buah semangka, terkandung senyawa likopen yang berfungsi untuk membantu tubuh memelihara fungsi kerja tulang dan jantung. Buah semangka bisa membuat aliran darah dalam jantung terpompa dengan lebih maksimal. Selain itu, sel-sel tubuh juga beregenerasi dengan baik serta tingkat oksidatif pada pembuluh darah yang menjadi penyebab serangan jantung turun secara drastis. Buah semangka juga mengandung kalsium yang efektif untuk membentuk kepadatan tulang sehingga tulang pun menjadi kokoh dan terbebas dari penyakit osteoporosis.

Bahaya Mengkonsumsi Buah Semangka Secara Berlebihan

1. Gastrointestinal

Meski dibutuhkan oleh tubuh, namun kandungan lycopene dalam buah semangka bila dikonsumsi secara berlebihan bisa mengganggu sistem pencernaan dan memicu timbulnya gastrointestinal. Kelebihan lycopene dalam tubuh akan menyebabkan tubuh mengalami diare, kembung, mual, dan muntah sehingga sebaiknya Anda mengkonsumsi semangka dalam jumlah sewajarnya saja.

2. Hyperkalemia

Buah semangka kaya akan potassium, namun bila dikonsumsi secara berlebihan, kandungan potassium yang berlebihan dalam tubuh bisa memicu sebuah kondisi yang disebut hyperkalemia. Kondisi hyperkalemia ini berbahaya bagi kesehatan kardiovaskuler jantung yang berpengaruh terhadap detak jantung yang tidak beraturan, gangguan sistem kerja otot, dan gangguan sistem syaraf. Kelebihan potassium juga buruk bagi organ ginjal karena ginjal harus bekerja keras untuk mengeluarkan kelebihan potassium dalam tubuh dan pada akhirnya bisa memicu terjadinya penurunan fungsi kerja ginjal akibat kerja ginjal yang terlalu keras.

3. Terganggunya Stabilitas Nutrisi Tubuh

Buah semangka dengan kandungan antioksidan dan vitamin kompleksnya memang sangat bermanfaat bagi kesehatan karena membantu pembersihan zat-zat sisan dan racun dalam tubuh. Namun, bila dikonsumsi secara berlebihan, buah semangka juga bisa berefek buruk karena nutrisi-nutrisi penting yang terkandung dalam tubuh juga ikut dibersihkan dan terbuang. Padahal, nutrisi sangat diperlukan agar tubuh tetap bertenaga dan kuat.

4. Pemicu Diabetes

Buah semangka mengandun glikemik yang cukup tinggi yaitu sebesar 72%. Nilai indeks glikemik yang tinggi pada buah semangka inilah yang menyebabkan kadar insulin dalam pankreas terurai sehingg kadar gula darah menurun dan timbul penyakit diabetes. Kandungan karbohidrat dalam semangka juga cukup tinggi sehingga bila dikonsumsi berlebihan bisa berbahaya bagi kadar gula darah.

5. Darah Rendah

Buah semangka bila dikonsumsi secara berlebihan akan membuat tekanan darah dalam tubuh menjadi rendah sehingga Anda akan merasa lemas, pusing, leher kram, dan kesemutan. Tekanan darah rendah terjadi saat seseorang memiliki tekanan darah di bawah kondisi normal yaitu 120/80 mmHG.
Setelah membaca penjelasan di atas, tentu sekarang kita semakin paham bahwa manfaat buah semangka ternyata sangat bagus bagi kesehatan, namun juga bisa berbahaya bila dikonsumsi berlebihan. Makanlah buah semangka secukupnya dan pastikan dalam kondisi segar dan bebas pengawet kimia agar manfaat yang didapat lebih optimal.

Artikel Terkait :

 Dapatkan Resep Terbaru Via E-Mail

www.CodeNirvana.in

Copyright © Jamu Herbal