Featured Posts

11 Manfaat Pare Untuk Kesehatan Tubuh

Baca Juga


Mungkin Pare memiliki bentuk yag tidak menarik serta rasa yang tidak disukai oleh sebagian orang. Akan tetapi pare memiliki banyak khasiat yang sangat menakjubkan, Pare mempunyai Antibiotik, Antialergi, Anti Jamur, Anti Virus, dan Anti Parasit.

Manfaat yang paling terkenal dari pare adalah kemampuanya mengontrol penyakit diabetes Tipe 2. Tak heran banyak orang yang mempunyai riwayat penyakit diabetes banyak yang mengkonsumsi pare.

11 Manfaat Pare Yang Menakjubkan

1. Membantu Penyembuhan Diabetes dan Mengontrol Gula Darah
Tanaman pare secara umum digunakan sebagai terapi alternative untuk menurunkan tingkat gula darah pada pasien diabetes melitus tipe 2. Mengapa? Pare telah terbukti sebagai salah satu tanaman paling potensial dan populer untuk meringankan gejala penyakit kencing manis melalui pengobatan alternatif. Faktanya, meminum jamu yang berbahan dasar pare adalah salah satu metode pengobatan diabetes tradisional yang umum ditemukan di berbagai negara di Asia.
Beberapa kandungan dari tanaman pare, khususnya polipeptida-P, mempunyai komposisi yang mirip dengan insulin yang ditemukan pada hewan. Beberapa bahan kimia lain yang terkandung dalam pare adalah karantin, saponin, dan alkaloid. Karantin berfungsi untuk meningkatkan sintesis glikogen dalam hati dan sel otot. Secara bersamaan, senyawa-senyawa ini berperan besar dalam sifat tanaman pare yang bisa menurunkan gula darah.
Konsumsi pare secara teratur dalam bentuk apapun (buah segar, jus, atau serbuk) bisa memberikan berbagai efek tambahan jika dikonsumsi bersama dengan pengobatan konvensional.
2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Menambahkan konsumsi buah atau jus pare dalam asupan makanan harian anda bisa membantu anda sembuh lebih dari penyakit umum seperti pilek, dan bisa mengurangi kerentanan anda terhadap infeksi. Pare mengandung banyak antioksidan yang bisa sangat melindungi tubuh anda dari virus.
Pare sangat kaya dengan vitamin c, sebuah antioksidan yang sangat kuat. 100 gram pare bisa mengandung lebih dari 80 miligram vitamin C. antioksidan bekerja dengan cara memerangi radikal bebas dalam tubuh dan menghilangkan senyawa berbahaya lainnya sehingga kemungkinan anda sakit semakin kecil.
3. Menyembuhkan Wasir
Tanaman pare juga memiliki sifat anti radang yang bisa bermanfaat untuk penderita wasir. Untuk mengobati wasir, cukup buat semacam salep darikaar pare dan oleskan pada area pembengkakan dan sekitarnya untuk meringankan sakit dan menghentikan pendarahan. Anda juga bisa mengobati berbagai macam luka dan kelainan kulit menggunakan salep ini.
4. Meningkatkan Penglihatan
Pare juga memiliki kandungan flavonoid yang bisa meningkatkan kesehatan mata seperti alfa karoten, beta karoten, lutein, dan zeaxanthin. Secara bersamaan, berbagai senyawa ini membantu meningkatkan penglihatan, termasuk saat malam hari. Selain itu, mata anda akan terhindar dari penuaan dini. Berbagai senyawa ini memainkan peran penting dalam memerangi efek penuaan, menghilangkan radikal bebas, dan reaksi oksigen yang bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi.
5. Meringankan Asma
Pare juga bisa mengurangi gejala yang disebabkan beberapa penyakit pernapasan seperti asma, bronkitis, dan alergi serbu sari. Pare memiliki sifat antihistamin, anti radang, dan anti virus yang membuatnya menjadi suatu suplemen makanan yang ideal untuk menjaga kesehatan sistem pernapasan. Pare juga bisa membantu membuat tidur anda semakin lelap.
6. Meringankan Penyakit Kulit
Pengobatan Tiongkok tradisional dan Ayurveda telah menggunakan pare sebagai bahan dasar pengobatan penyakit kulit selama berabad-abad. Sifat anti jamur dan anti bakteri dari pare bisa mengobati berbagai macam infeksi kulit seperti kutu, skebies, bahkan penyakit autoimun yang disebut psoriasis. Pare menghentikan aktivitas enzim guanilat siklase yang bisa memperburuk psoriasis. Oleskan ekstrak atau salep dari pare pada bagian yang perlu pengobatan.
7. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker
Radikal bebas bisa mencari dan menghancurkan sel yang sehat, dan itu menyebabkan penuaan dini serta berbagai komplikasi, bahkan kanker. Pare mengandung banyak antioksidan yang bisa menangkal efek radikal bebas, juga menjadi perlindungan dari penyakit umum seperti halnya flu.
Beberapa percobaan klinis dan penelitian farmakologi menunjukkan hubungan antara mengkonsumsi pare dan penurunan ukuran tumor pada individu dengan kanker payudara, serviks, dan prostat. Sudah ada beberapa penelitian yang menunjukkan manfaat pare bagi pencegahan kanker, yang berarti pare adalah bahan alternatif untuk kemoterapi.
8. Membantu Mengobati HIV dan Herpes
Sebuah tes laboratorium yang dipublikasikan dalam jurnal pengobatan naturopati menunjukkan bahwa komposisi fitokimia dari pare mencegah aktivitas virus HIV. Pare juga menambah beberapa efek menguntungkan pada pengobatan konvensional untuk penyakit AIDS. Beberapa penelitian awal juga menunjukkan bahwa pare, dengan sifat anti virusnya, membantu penyembuhan pasien dengan virus herpes simpleks-1 (HSV-1) dan mencegah penyebaran virus herpes ke orang lain di sekitarnya.
9. Menurunkan Tingkat Kolesterol
Pare juga banyak dikonsumsi untuk membantu menurunkan tingkat kolesterol buruk (LDL), yang juga mencegah terjadinya penyakit aterosklerosis pada dinding pembuluh arteri. Arteri yang tidak tersumbat menurunkan risiko serangan jantung, berbagai penyakit jantung, serta stroke. Manfaat pare yang satu ini sangat berguna bagi anda yang mempunyai risiko penyakit kardiovaskuler.
10. Menjaga Kesehatan Tulang dan Mempercepat Proses Penyembuhan Luka
Pare juga kaya akan vitamin K, sebuah nutrien penting yang memainkan peran besar dalam mengatur proses pembekuan darah. Vitamin K juga membantu distribusi kalsium di seluruh tubuh, juga meningkatkan kepadatan tulang serta menurunkan risiko patah tulang.
Individu dengan penyakit osteoporosis sebaiknya banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin K, sepertipare. Kekurangan vitamin K bisa mengakibatkan patah atau kerapuhan tulang, rentan terhadap memar, sulitnya pembekuan darah saat luka, serta pendarahan menstruasi yang berlebihan. Seperti yang kita tahu, kehilangan terlalu banyak darah bisa menyebabkan anemia.
11. Membantu Proses Pencernaan dan Penurunan Berat Badan
Pare hanya mengandung 17 kalori per 100 gram. Meskipun rendah kalori, pare sangat kaya akan serat pangan, vitamin, dan mineral. Serat pangan bisa sangat membantu dalam proses pencernaan yang baik dan gerakan peristaltik dalam sistem pencernaan. Maka, pare bisa melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi atau sembelit.
Selain itu, pare juga mengandung banyak bahan kimia karantin yang membantu proses sintesis glukosa sehingga tidak tersimpan sebagai lemak dalam tubuh anda. Karena lemak tidak tertimbun, maka pare sangat baik untukanda yang sedang menjalankan program diet.

Artikel Terkait :

 Dapatkan Resep Terbaru Via E-Mail

www.CodeNirvana.in

Copyright © Jamu Herbal