Featured Posts

25 Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan Tubuh & Efek Sampingnya

Baca Juga


Kangkung, Mungkin ini adalah sayuran favorit Teman-teman ckckckc. Kangkung biasanya digunakan sebagai bahan masakan seperti Tumis Kangkung, Rujak Kangkung dll. Banyak orang mengatakan jika kangkung itu menyebabkan kantuk jika memakanya terlalu banyak apakah itu benar atau tidak? Kangkung sendiri tergolong menjadi 2 yaitu Kangkung Air dan Kangkung Darat Perbedaanya yaitu letak dimana kangkung itu hidup Teman-teman. 

Kangkung sendiri tergolong tumbuhan yang mudah dijumpai disekitar rumah kita (di Desa ya hehehe). Selain mudah ditemukan kangkung juga memiliki harga yang ekonomis akan tetapi jangan meragukanya terdahulu Menurut ahli Gizi, Kangkung itu memiliki banyak manfaat yang sangat berguna untuk tubuh tetapi dengan dosis yang cukup.

Kandungan Gizi pada Kangkung diantaranya yaitu: Kalium, Natrium, Karbohidrat, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B6, Magnesium, Zat besi, Kalsium, Serat pangan, Kalori (Kcal), Lemak tak jenuh, dll.

Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan :

1. Mengatasi Kekurangan Zat Besi

Jika Anda mengalami sering pusing, badan lemas, pandangan kabur maka bisa jadi Anda mengalami kekurangan zat besi. Cara untuk mengatasinya yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, salah satu diantaranya yaitu sayur kangkung. Lihat juga Manfaat zat besi bagi tubuh

2. Melancarkan Haid

Bagi Anda para wanita yang sedang mengalami gangguan haid, cobalah minum rendaman kangkung lalu peras ambil airnya dengan setengah gelas air campurkan satu sendok madu. Minumlah secara rutin dalam beberapa hari sehari sekali maka haid akan lancar.

3. Terhindar dari Penyakit Diabetes

Kabar gembira bagi Anda yang sering mengkonsumsi kankung yaitu Anda akan terhindar dari penyakit gula atau disebut diabetes. Hal ini karena kandungan zat pada kangkung bermanfaat untukk menyerap kadar gula berlebih pada tubuh kita.

4. Mengatasi Mimisan

Jika Anda atau orang yang Anda kenal mengalami mimisan, maka coba segera atasi dengan kangkung. Adapun caranya yaitu: Ambil seikat kangkung segar, ambil daunnya saja. Cuci sampai bersih dan tumbuk sampai halus. Tambahkan gula merah asli secukupnya. Ambil segelas air panas lalu seduhkan, setelah dingin atau hangat saring seduhan kangkung tadi lalu diminumkan.

5. Terhindar dari Sariawan

Salah satu penyebab seseorang mengalami sariawan selain panas dalam karena kekurangan vitamin C. Pada kangkung terdapat kandungan vitamin C yang tidak kalah dengan buah, maka dengan rutin mengkonsumsinya Anda akan terhindar dari sariawan dan juga gusi berdarah. Baca juga cara alami mengobati sariawan.

6. Mengatasi Sakit Kepala

Seringkali kita mengalami kepala sakit cenat-cenut yang disertai pusing. Cobalah mengatasinya dengan rebusan sayur kangkung. Caranya yaitu dengan merebus seikat kangkung dengan 2 gelas air, rebus sampai jadi 1 gelas. Setelah dingin diminum.

7. Menyegarkan Pikiran

Pada kangkung terdapat kandungan vitamin B dan nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi serotin. Dengan meningkatknya serotin pada otak kita akan membantuk dalam menyegarkan dan menenangkan pikiran kita.

8. Mengatasi Ambeien

Sebagian orang percaya bahwa kangkung dapat meredakan ambeien. Adapun caranya yaitu dengan air rebusan mengkonsumsi satu ikat kangkung, rebus dari 2 gelas menjadi segelas. Ambeien Anda akan sembu secara perlahan. Harus diperhatikan juga bahwa penderita ambeien jangan mengkonsumi makanan pedas karena akan memperparah ambeien.

9. Tidur Lebih Nyenyak

Setelah mengkonsumsi sayur kangkung pastinya Anda akan merasa kantuk. Hal ini karena sifat sedatif dalam kangkung yang menyebabkan saraf lebih kendur sehingga Anda akan merasakan kantuk. Cocok sekali jika dikonsumsi bagi menginginkan tidur lebih nyenyak, konsumsilah sayur kangkung sebelum Anda tidur sepertinya adalah waktu yang pas.

10. Mengatasi Susah Tidur


Ada kalanya ketika waktunya jam tidur tapi Anda malah mengalami susah tidur. Jika hal itu terjadi cobalah mengkonsumsi sayur kangkung. Karena, efek dari mengkonsumsi kangkung akan membuat Anda mengantuk dan saraf-saraf yang tegang akan lebih kendor.

11. Menjaga Kesehatan Mata

Pada kangkung terdapat kandungan vitamin A yang sangat baik peranannya dalam menjaga kondisi mata agar tetap sehat. Ternyata vitamin A pada kangkung hampir setara dengan bayam, malah ada sumber yang menyartakan bahwa lebih banyak kandungannya dibanding bayam.

12. Meredakan Sakit Gigi

Jika Anda mengalami sakit gigi, cobalah atasi dengan minum ramuan rebusan akar kangkung. Caranya yaitu: Sediakan segenggam akar kangkung tambahkan setengah sendok teh cuka, rebus sampai mendidih dengan 1 gelas air. Setelah hangat-hangat kuku minum air rebusan tersebut sambil dikumur-kumurkan.

13. Terhindar Dari Cacar Air


Kandungan nutrisi pada kangkung dipercaya dapat mencegah cacar air. Baik dikonsumsi secara rutin oleh anak-anak atau dewasa yang belum pernah terkena cacar air. Benar atau tidak masih diperlukan penelitian ilmiah lebih lanjut. Tidak ada salahnya mencoba, karena jika memang begitu berarti Anda tidak perlu vaksin cacar kan?

14. Melancarkan Air Kencing

Cobalah rutin mengkonsumsi air rebusan kangkung, jika ribet dibuat lalapan saja atau dimasakan sayur. Walaupun kebanyakan sumber harus dengan meminum air rebusan kangkung, Saya pikir dengan mengkonsumsinya secara langsung atau sayurnya khasiatnya sama. Setuju atau tidak?

15. Meredakan Gigitan Serangga

Jika Anda terkena gigitan serangga, lalu kebetulan ada kangkung mentah didapur Anda. Cocalah memanfaatkan kangkung untuk meredakan sakit dan gatal-gatal karena gigitan serangga.

16. Mengobati Bisulan

Jika Anda mengalami bisul cobalah menyembuhkannya dengan daun kangkung yang dihaluskan, campurkan garam secukupnya lalu tempelkan pada area yang terkena bisul. Diamkan beberapa menit dan lakukan 1 hari dua kali.

17. Menghilangkan Ketombe

Sabun anti ketombe terasa kurang ampuh? Jika Anda mengalami gatal-gatal karena banyak ketombe di kulit kepa Anda. Cobalah mengatasi ketombe dengan kangkung. Caranya: Rendam seikat daun kangkung pada air secukupnya, diamkan semalaman. Keesokan harinya pakailah untuk keramas sebelum menggunakan sampo antiketombe Anda. Lakukan setiap hari.

18. Mengatasi Mual dan Sembelit

Khususnya bagi ibu hamil yang sering mengalami mual pada awal kehamilan yang disertai sembelit. Cobalan atasi dengan rutin mengkonsumsi tumis sayur kangkung. Selain itu, juga menyehatkan kondisi ibu hamil karena asupan zat besi Anda terpenuhi.

19. Menghaluskan Kulit Kapan

Kulit kasar kapalan memang tidak nyaman. Cobalah menghaluskan kulit And dengan mengoleskan getah kangkung secara rutin pada bagian kulit kapalan. Lambat laun kulit kapalan akan hilang dan mengalus.

20. Mengatasi Kulit Gatal

Jika Anda mengalami gatal-gatal pada kulit seperti karena eksim, cobalah meredakan gatal-gatal dengan air rebusan kangkung. Caranya rebus seikat kangkung dengan beberapa gelas air. Diamkan sampai hangat, lalu rendamkan atau basuhkan pada bagian kulit yang gatal-gatal.

21. Menjaga Kesehatan Jantung dan Otak


Kandungan nutrisi pada kangkung bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah Anda. Anda akan terhindar dari pembekuan darah yang biasa terjadi pada pembuluh darah jantung dan otak, sehingga Anda akan terhidar dari penyakit jantung dan stroke.

22. Mengatasi Bau Mulut

Kandungan Minyak esensial pada kangkung bermanfaat untuk mencegah dan menghilangkan bau mulut. Dengan sering mengkonsumsi sayur kangkung Anda akan terhidar dari bau mulut. Jangan lupa juga sikat gigi 2 kali sehari ya!

23. Melancarkan Air Susu Ibu (ASI)

Banyak sayuran hijau yang dapat membantu melancarkan dan memperbanyak ASI pada ibu yang sedang menyusui, salah satunya adalah kangkung. Mungkin Anda baru dengar? Ya sekarang Anda sudah tahu, maka cobalah karena kangkung mudah ditemukan di warung atau pasar, tidak seperti daun katuk yang agak susah dicari karena jarang di warung atau pasar.

24. Terhindar dari Kolesterol Tinggi

Baik sekali bagi Anda yang punya kolesterol tinggi, sering-seringlah mengkonsumsi sayur kangkung. Selain murah manfaatnya luar biasa bagi Anda yang mempunyai kolesterol tinggi. Bagi Anda yang suka dan sering menjadikan kangkung sebagai menu makanan Anda, Anda akan terhindar dari kolesterol tinggi.

25. Menyehatkan Rambut

Selain dapat mengatasi ketombe, air rebusan kangkung juga dapat mengatasi permasalahan rambut Anda, seperti dapat merangsang pertumbuhan rambut baru, mengatasi rambut rontok dan bercabang. Caranya sama seperti poin 17.

Efek Samping Kangkung :

1. Meningkatnya Asam Urat

Terdapat zat purin pada sayur kangkung, oleh karena itu janganlah mengkonsumsinya secara berlebihan terlebih pada orang yang menderita penyakit asam urat. Baca juga cara mengatasi asam urat

2. Mengantuk


Setelah mengkonsumsi sayur kangkung pastinya Anda akan merasakan rasa kantuk. Hal ini terjadi jika Anda mengkonsumsinya berlebihan. Porsi berlebihan bisa dihindari dengan mengurangi asupan kangkung dari hari sebelumnya dari kangkung yang Anda makan. Namun, hindarilah memakan sayur kangkung ketika Anda hendak mengendarai kendaraan.

3. Alergi

Alergi bisa saja terjadi pada sebagian orang. Hal ini bisa dibuktikan jika pertama kali Anda makan kangkung lalu terjadi alergi seperti gatal-gatal atau ruam kemerahan, maka hindarilah mengkonsumsi kangkung. Namun, langka sekali orang yang alergi kangkung.

Tips Memasak Kangkung
Agar anda terhindar dari sakit perut, diare, dan masalah pencernaan lainnya maka Anda harus pastikan mencuci kangkung sampai bersih dari kotoran dan residu pestisida yang mungkin saja tertinggal pada kangkung.

Ketika Anda memasak sayur kangkung sebaiknya jangan terlalu matang karena dengan suhu tinggi dapat merusak kandungan nutrisi penting yang ada dalam kangkung.

Nah, itulah manfaat kangkung yang disertai dengan efek samping dari mengkonsumsi kangkung berlebih dan tips-tipsnya dalam memasak kangkung.

Artikel Terkait :

 Dapatkan Resep Terbaru Via E-Mail

www.CodeNirvana.in

Copyright © Jamu Herbal