Featured Posts

Cara Mengobati Bisul Dengan Bunga Kamboja

Baca Juga


Ketemu Kamboja lagi nih wkwkwk, Kemarin kita sudah membahas Bunga Kamboja untuk mengobati Sakit Gigi respon Teman-teman banyak yang bingung dan banyak pertanyaan yang datang juga salah satunya "Apakah semua bunga kamboja bisa?" Untuk jawabanya akan saya jelaskan juga bahwa sebenarnya tidak semua bunga kamboja bisa digunakan sebagai obat hanya bunga kamboja tertentu saja yang dapat digunakan. Untuk lebih jelasnya lihat penjelasan dibawah ini.

JENIS - JENIS BUNGA KAMBOJA

Seperti yang sudah disinggung di awal bahwa tanaman ini memiliki beberapa jenis. Setiap jenis mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, bahkan sebagian mempunyai warna bunga yang berbeda.
Perbedaan lainnya bisa dilihat pada bentuk bunganya, ada yang memiliki mahkota bunga bertumpuk, ada juga yang mahkota bunganya menggulung. Selain itu ada bunga yang mempunyai aroma harum tetapi ada juga yang tidak mempunyai aroma. Berikut adalah beberapa jenis bunga kamboja yang sering dijumpai di Indonesia.

Adenium Obesum

Jenis bunga kamboja ini sering disebut dengan nama desert rose atau karoo rose, tanaman ini banyak ditemukan di daerah timur Afirika dan bagian Selatan Arabia. Saat ini bunga kamboja jenis ini sudah banyak dijumpai di Indonesia.
Di habitat aslinya tumbuhan ini tumbuh menyemak, ukuran pohonnya bisa sampai 10-12 meter. Sedangkan di Indonesia ukuran bunga kamboja ini cukup pendek yakni 1-2 meter saja. Warna bunga cenderung berwarna merah di tepi petal dan putih di tengah, dari spesies ini ditemukan beberapa varian.
Adenium multiflorum
Tanaman ini bisa bertahan pada lingkungan yang dingin dan kering. Bunga kamboja yang kedua ini memiliki bentuk bunga yang paling indah dibandingkan dengan jenis yang lain. Bunga berbentuk bintang dengan warna merah tua di bagian petal, dan putih atau merah cerah di tengah-tengah petal.
Ukuran bunganya tidak jauh berbeda dengan ukuran jenis adenium lain sekitar 6-7 cm. Meskipun berbunga hanya satu tahun sekali tetapi tanaman ini akan terus berbunga dalam kurun waktu cukup lama yakni 2-4 bulan.

Adenium swazicum

Dari semua jenis bunga kamboja, jenis ini termasuk yang paling mudah untuk dibudidayakan. Anda bisa menanamnya dengan cara mencangkok ataupun hanya dengan menanam bijinya. Kekurangan dari jenis swazium adalah pertumbuhan yang lambat sehingga butuh waktu yang cukup lama untuk bisa berbunga.
Warna daun hijau cerah dengan sedikit bulu pada permukaannya. Sedangkan warna bunganya cenderung berwarna merah muda cerah. Pada saat musim gugur tanaman ini menggugurkan semua daunnya akan berjatuhan, dan ketika tiba musim semi baru akan tumbuh tunas-tunas baru.

Adenium boehmianum

Spesies ini banyak tumbuh di daerah bebatuan. Tanaman ini mempunyai ciri khusus yakni mempunyai banyak cabang serta batangnya bisa tumbuh sampai 10 meter. Kamboja jenis ini banyak dijumpai di negara Anggola Selatan. Bentuk bunganya sama dengan kamboja jenis Adenium swazicum.
Bunga kamboja jenis ini berwarna merah muda dengan corak warna ungu. Masa berbunga tanaman ini tidaklah panjang hanya sekitar 1-2 minggu saja, ditambah pertumbuhan yang lambat membuat bunga ini jarak dijadikan sebagai tanaman hias.

Adenium arabicum

Bunga kamboja jenis Adenium arabicum merupakan spesies yang sangat langka. Tanaman ini ditemukan tumbuh di daerah sekitar Semenanjung Arab dan Yaman. Adenium arabicum mempunyai bentuk yang sangat eksotik, dengan atang yang kuat dengan banyak cabang serta bunga dengan warna merah muda dan putih membuat tanaman ini diburu banyak orang.
Tanaman ini sangat sulit untuk diperbanyak, habitat hidupnya banyak ditemukan di daerah Semenanjung Arab. Jenis ini tergolong sangat rajin berbunga. Pada musim dingin tanaman ini mengalami dormansi, ditandai bergugurannya secara bertahap. Pada musim panas tanaman kembali berdaun diikuti munculnya ratusan bunga yang memenuhi ranting-ranting pohon.

Cara & Manfaat Bunga Kamboja untuk Mengobati Bisul

Apakah Anda pernah terkena bisul? Jika pernah pasti tidak akan pernah lupa rasa sakitnya bukan. Bila Anda terkena bisul lagi bisa mencoba pengobatan dengan bunga kamboja. Cara nya juga cukup mudah yakni dengan memanaskan daun kamboja sampai layu kemudian oleskan minyak zaitun pada daun tersebut.
Setelah itu tempelkan daun kamboja ke bagian tubuh yang terkena bisul, biarkan daun sampai mengering. Setelah daun kering ganti dengan daun yang baru dengan langkah seperti di atas.
Bagaimana teman-teman sudah paham atau belum? ada yang mau mencoba mengobati bisulnya?Jangan lupa share artikel ini ya teman-teman.

Artikel Terkait :

 Dapatkan Resep Terbaru Via E-Mail

www.CodeNirvana.in

Copyright © Jamu Herbal